cooplease.blogspot.com
| 0 comment ]

Dengan menjamurnya pengunaan removable disk (flash disk, flash memory, dsb…) sebagai media transfer data diantara komputer, ternyata merupakan penyebab terbesar pesatnya penyebaran virus, terutama virus2 lokal. Hal ini diperparah lagi dengan kurangnya kesadaran akan penggunaan software Anti-virus. Walaupun sudah mengunakan antivirus tapi gk pernah diupdate si sama ja boong coe... Antivirus harus senantiasa diupdate minimal seminggu sekali, karena setiap minggunya ada saja virus2 baru yang dapat merusak system komputer.

Sebenarnya penyebaran virus dari media seperti flash disk itu bias dicegah secara manual. Yaitu dengan mendisable fasilitas autorun ketika removable disk dicolokan ke komputer. Berikut ini langkah –langkahnya:

  1. Buka Regstry Editor, dengan cara klik Start Menu > Run dan ketik regedit lalu klick OK
  2. Cari lokasi : KEY_CURRENT_USER\Software\Microssoft\Windows\CurentVersion\Policies\Explorer
  3. Buat key baru! Caranya, klik kanan > New > DWORD Value. Beri nama : NoDriveAutoRun
  4. Double klik untuk mengisi nilai (data). Pilih Base : Decimal dan isikan Value data dengan nilai 67108863
  5. Jika diperlukan, dapat juga menambah nilai di HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Volicies\Exploler
  6. Restart Komputer

Dengan penambahan setting ini, maka ketika kita memasang flashdisk, windows tidak akan otomatis menjalankan program outorun yang ada di falsh disk. Sehingga dapat mengurangi resiko komputer komputer lo terkena virus….peace!!!

Baca Juga Yang Ini



0 comment

Post a Comment