cooplease.blogspot.com
| 4 comment ]

Dalam postingan kali ini saya akan memaparkan apa itu JSP (Java Server Page). Atikel ini merupakan salah satu tugas mata kuliah saya mengenai JSP, yang mana disuruh posting di blog kita. Sedangkan saya baru pertama kali ini mendengar istilah JSP. Tanpa pikir panjang langsung saja tak tanya-tanya paman google. Eh,, ternyata ada banyak tuh artikel mengenai JSP. Tapi tak ringkas donk, sambil baca-baca, siapa tau ada yang nyangkut di otak. Eh tau-tau malah ruet neh otak.hehe Daripada ngoceh panjang lebar kita langsung saja ya ke topik permasalahan, tar dosen saya bosen bacanya neh.hihi

JSP merupakan perluasan dari spesifikasi Java Servlet, yang dalam web programming yang bersifat server side seperti halnya PHP dan ASP. JSP dapat berupa gabungan antara baris HTML dan fungsi-fungsi dari JSP itu sendiri. Berbeda dengan Servlet yang harus dikompilasi oleh USER menjadi class sebelum dijalankan, JSP tidak perlu dikompilasi oleh USER tapi SERVER yang akan melakukan tugas tersebut. Makanya pada saat user membuat pertama kali atau melakukan modifikasi halaman dan mengeksekusinya pada web browser akan memakan sedikit waktu sebelum ditampilkan.

JSP memiliki 3 fase alur : isialisasi, servis dan dekstruksi. Fafe-fase ini sama dengan method servlet yang diambil dari container yang berbeda : jspInit() untuk inisialisasi fase, _jspService() untuk servis fase, dan jspDestroy() untuk mendestruksi fase.

Meskipun JSP berbasis Java, dan dikendalikan sebagai kode Java oleh servlet, memperbolehkan pengembang untuk menggunakan syntax yang berbeda pada spesifikasi Java 2.0 dan sebagai gantinya menggunakan aturan spesifikasi JSP. Bagian berikut ini menggambarkan syntax JSP dengan lebih detail.

Semua komponen Java Server Pages dapat dibagi menjadi dua kategori umum: elements dan templates data. Element merupakan dynamically yang menghasilkan informasi. Data template merupakan informasi static yang memperhatikan presentasi. Pada hii.jsp, ekspresi JSP, <%= new java.util.Date()%> adalah satu-satunya element data yang memanggil data template. contoh:

hii.jsp

<html>
<head>
<title>Hii!</title>
</head>
<body>
<center>
<h1>Hii Man!!! It's <%= new java.util.Date()%></center>
</body>
</html>

JSP memiliki dua tipe sintak, dua tipe dari authoring JSP ini didukung oleh Container JSP : JSP Style dan XML Style. Memilih salah satu format syntax hanya bergantung dari preference dan standarisasi. Normal syntax didesain lebih mudah untuk pada pembuat(author). XML-compatible yntax telah disediakan ketika menggunakan JSP authoring tools. Bagaimanapun juga, yang lebih sering disediakan adalah normal syntax karena dia lebih mudah untuk dibaca dan dimengerti.

Seperti yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, JSPs memungkinkan untuk dilihat sebagai HTML atau XML dokumen dengan berdasar pada Script JSP. Scripting JSP element memperbolehkan anda memasukkan kode Java kedalam Servlet yang akan di-generate dari halaman JSP. Cara termudah untuk membuat dynamic JSP adalah dengan menaruh scripting element kedalam data template. Sricpt element terdiri dari:

Scriplet, berisi statement-statement yang merupakan logika dari suatuproses. Pembatas yang digunakan pada scriplet adalah :
<% // statement %>

Deklarasi, gunanya untuk mendeklarasikan variabel atau method. Untuk deklarasi digunakan pembatas sebagai berikut
<%! // variabel // method %>
Pada JSP, seperti juga Java variabel bersifat strong type, artinya apabila ingin menggunakan suatu variabel maka harus melalui proses mendeklarasian tipe dari variabel tersebut.

Ekspresi, berguna untuk menampilkan nilai dari suatu variabel atau method. Pembatas yang digunakan pada suatu ekspresi adalah: <%=%>

Sekian penjelasan dari saya mengenai JSP ini, dsni saya tidak menulisnya secara mendetail.(males ngetik panjang2)wehehe Apabila ada pembaca yang ingin tau lebih lengkap silahkan download e-book dalam bentuk pdf di link ini..DOWNLOAD

Baca Juga Yang Ini



4 comment

D' Sandy said... @ 23 January 2009 at 01:03

Thanks for bu Kariati..

Anonymous said... @ 29 April 2009 at 23:13

bisa minta tlg dijelasin tentang artikel
http://wiki.dspace.org/index.php/Use_controlled_vocabularies_%28JSP%29
:?

D' Sandy said... @ 12 May 2009 at 04:26

:@ Kurang ngerti jg bro, msih newbie jg neh... yg kyak gto gw gk diajarin...:(

aryanto hadi wicaksono said... @ 28 January 2013 at 18:42

Thanks bro atas infonya

Post a Comment